Menyusuri Muara Sungai Gumbrih, Obyek Wisata Baru di Jembrana

Sebuah obyek wisata air telah hadir ditengah masyarakat desa Gumbrih, Pekutatan, Jembrana. Obyek wisata ini berawal dari sebuah gagasan kelompok masyarakat yang diberi nama Tirta Lestari.  Dengan berperahu, wisatawan dapat menikmati lingkungan alam yang asri dan tenang serta bisa melihat langsung beberapa jenis satwa liar di sepanjang muara.

“Latar belakang terwujudnya kelompok ini berawal dari sebuah gagasan. Bahwasannya sungai yang selama ini nyaris tak terurus, jika dikelola dengan sumber daya manusia dapat memberikan suatu berkah kepada lingkungan masyarakat “ , kata Gede Sudarma selaku ketua kelompok sekaligus pencetus terbentuknya kelompok.

Hanya bermodalkan ide  dan semangat gotong royong secara swadaya akhirnya terbentuklah sebuah kelompok yang beranggotakan 36 orang. Mereka berperan mengoperasikan perahu secara bergiliran.  Kelompok tersebut akhirnya mendapat respon dan dukungan dari sejumlah pejabat desa dan kabupaten.

Untuk menunjang fasilitas, seperangkat armada angkutan air berhasil dibeli untuk dijadikan modal utama, seperti  Jukung  Tradisional sebanyak lima buah berkapasitas sepuluh orang.

“Kami berharap dengan adanya  Wisata Air ini, masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, juga melestarikan tanaman buyuk, fauna seperti biawak, ikan air payau, ular dan lainnya," imbuh Sudarma.

Selama ini sudah ada banyak pengunjung mencoba sensasi berperahu diatas air payau yang tenang. Pengusaha villa juga ikut berperan mengenalkan obyek wisata ini ke sejumlah wisatawan asing. Tarif  untuk sekali naik hanya lima ribu per satu orang. Bagi yang tidak menguasai renang telah disediakan jaket pelampung bantuan dari dinas kelautan Kabupaten Jembrana.

0 Response to "Menyusuri Muara Sungai Gumbrih, Obyek Wisata Baru di Jembrana"

Posting Komentar