Artikel ini bagian 4 dari 4 dalam serial Daihatsu Taft
Berlanjut pada sistem kemudi. Daihatsu Taft F50 mengandalkan sistem
re-circulating ball namun belum didukung oleh sistem power assisted baik
hidrolik maupun elektronik.
Kerusakan yang sering terjadi pada steering gearbox adalah backlash
setir yang terlalu besar,di luar batas toleransi. Hal ini disebabkan
keausan worm stir tempat jalur bergerak bola bola besi di dalam steering
gearbox sehingga tidak bisa berputar secara presisi lagi. Apabila hal
ini sudah terjadi,maka steering gearbox tidak memiliki alternatif lain
selain mengganti unit tersebut.
Belakangan,untuk mencari steering gearbox pengganti baik dalam
kondisi baru atau bekas terbilang sukar,sehingga pastikan dalam
perburuan,kita mendapatkan Daihatsu F50 yang masih memiliki komponen
utama sistem kemudi yang masih dalam kondisi baik.
Backlash setir yang terlalu besar membuat mobil tidak nyaman untuk
dikendarai,karena saat dikemudikan,posisi lingkar kemudi tidak dapat
tetap berada pada posisi center,pengemudi kerap harus berulang kali
mengkoreksi posisi setir walaupun mobil berjalan pada jalan yang lurus
dan rata. Hal ini pastinya akan menyebabkan kelelahan pada pengemudi
apabila harus mengemudikan kendaraan dalam waktu yang panjang.
Setelah berkutat dengan sistem pengereman dan sistem kemudi,kita
beranjak menuju pengecekan sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan
memegang peranan penting karena hampir semua fungsi yang menunjang
safety,seperti lampu utama,lampu rem,lampu sign,lampu hazard dan sistem
pengisian aki,sangat bergantung pada sistem kelistrikan.
Untuk memeriksa sistem kelistrikan ini amat mudah,dengan kondisi
mesin hidup,nyalakan semua lampu. Pada mobil dengan sistem kelistrikan
yang baik,ketika semua lampu dihidupkan,tidak ada lampu yang menjadi
redup dibandingkan saat lampu tersebut dinyalakan tidak secara
bersamaan.
Sebagai contoh,hidupkan lampu utama,kemudian hidupkan lampu hazard
dan injak pedal rem. Ketika lampu hazard dan lampu rem dihidupkan,lampu
utama tidak boleh meredup sinarnya. Apabila terjadi hal tersebut,hampir
mungkin kondisi pengkabelan sudah tidak dalam kondisi yang prima,namun
terbilang wajar mengingat umur dari kendaraan tersebut yang sudah
melebihi 20 tahun.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "Braking,Steering &Electrical System Daihatsu Taft F50 (2)"
Posting Komentar