Braking,Steering &Electrical System Daihatsu Taft F50 (2)

Artikel ini bagian 4 dari 4 dalam serial Daihatsu Taft

 Berlanjut pada sistem kemudi. Daihatsu Taft F50 mengandalkan sistem re-circulating ball namun belum didukung oleh sistem power assisted baik hidrolik maupun elektronik.
Kerusakan yang sering terjadi pada steering gearbox adalah backlash setir yang terlalu besar,di luar batas toleransi. Hal ini disebabkan keausan worm stir tempat jalur bergerak bola bola besi di dalam steering gearbox sehingga tidak bisa berputar secara presisi lagi. Apabila hal ini sudah terjadi,maka steering gearbox tidak memiliki alternatif lain selain mengganti unit tersebut.
Belakangan,untuk mencari steering gearbox pengganti baik dalam kondisi baru atau bekas terbilang sukar,sehingga pastikan dalam perburuan,kita mendapatkan Daihatsu F50 yang masih memiliki komponen utama sistem kemudi yang masih dalam kondisi baik.

Backlash setir yang terlalu besar membuat mobil tidak nyaman untuk dikendarai,karena saat dikemudikan,posisi lingkar kemudi tidak dapat tetap berada pada posisi center,pengemudi kerap harus berulang kali mengkoreksi posisi setir walaupun mobil berjalan pada jalan yang lurus dan rata. Hal ini pastinya akan menyebabkan kelelahan pada pengemudi apabila harus mengemudikan kendaraan dalam waktu yang panjang.

Setelah berkutat dengan sistem pengereman dan sistem kemudi,kita beranjak menuju pengecekan sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan memegang peranan penting karena hampir semua fungsi yang menunjang safety,seperti lampu utama,lampu rem,lampu sign,lampu hazard dan sistem pengisian aki,sangat bergantung pada sistem kelistrikan.

Untuk memeriksa sistem kelistrikan ini amat mudah,dengan kondisi mesin hidup,nyalakan semua lampu. Pada mobil dengan sistem kelistrikan yang baik,ketika semua lampu dihidupkan,tidak ada lampu yang menjadi redup dibandingkan saat lampu tersebut dinyalakan tidak secara bersamaan.

Sebagai contoh,hidupkan lampu utama,kemudian hidupkan lampu hazard dan injak pedal rem. Ketika lampu hazard dan lampu rem dihidupkan,lampu utama tidak boleh meredup sinarnya. Apabila terjadi hal tersebut,hampir mungkin kondisi pengkabelan sudah tidak dalam kondisi yang prima,namun terbilang wajar mengingat umur dari kendaraan tersebut yang sudah melebihi 20 tahun.

0 Response to "Braking,Steering &Electrical System Daihatsu Taft F50 (2)"

Posting Komentar