Mengatasi Mesin Mobil yang OverHeating

Cuaca yang sangat panas, perjalanan jauh ataupun lalu lintas yang macet, seringkali menyebabkan mesin kendaraan menjadi terlalu panas. Ini jarang terjadi dengan mobil baru, tetapi untuk mobil tua kejadian tersebut dapat menjadikan temperatur mesin naik.

Mesin mobil panas juga bisa disebabkan air dalam radiator berkurang atau ada kebocoran di sistem pendingin. Jika Anda tidak dapat menemukan kebocoran, termostat mungkin mengalami gangguan fungsi.

Tips singkat berikut ini memberikan petunjuk ketika mesin mobil anda over heat (jarum temperatur suhu mesin melewati batas normal) untuk pertolongan pertama anda di jalan, sebelum membawa ke bengkel

Ketika Anda melihat jarum temperatur bergerak melewati batas normal, maka itulah tanda pertama dari overheating (mesin panas). Segera matikan AC untuk mengurangi beban pada mesin dan membantu pendinginan. Jangan lupa buka jendela mobil supaya Anda tidak kepanasan.

Ketika berhenti di lampu lalu lintas dan temperatur mesin masih terlihat meningkat, pindah gigi ke posisi Netral dan naikkan putaran mesin sedikit dengan cara menekan pedal gas: hal ini membuat pompa air dan kecepatan kipas up, menarik air dan udara melalui radiator . Udara meningkat dan sirkulasi cairan membantu pendinginan.

Sebaiknya Anda tidak sering menginjak rem. Karena dengan sering menginjak rem akan meningkatkan beban pada mesin dan membuatnya semakin panas. Jika lalu lintas padat, jalankan mobil perlahan dan gunakan rem tangan bila memungkinkan, perhatikan jarak dengan kendaraan di depan Anda.

Jika jarum temperatur terus meningkat dan Anda menrasa mesin kendaraan akan segera mati karena terlalu panas, segera berhenti di tepi jalan yang aman, buka kap mesin, dan tunggu sampai keadaan dingin dulu. Ingat, jangan membuka tutup radiator dalam kondisi ini, dan jangan tambahkan air sampai mesin dingin lagi.

Jika Anda harus menambahkan air saat mesin telah cukup dingin, tambahkan air perlahan-lahan sewaktu mesin sedang berjalan (kondisi hidup).

0 Response to "Mengatasi Mesin Mobil yang OverHeating"

Posting Komentar