Saat Tepat Mengganti Pelumas Mobil

Di dalam mesin, pelumas memiliki fungsi yang tak kalah penting dibandingkan bahan bakar. Jika bahan bakar berfungsi untuk menggerakkan mesin, maka pelumas berfungsi untuk merawat dan menjaga
agar mesin tetap awet dan panjang umur.

Seperti diketahui, di dalam mesin terdapat banyak komponen yang terbuat dari logam. Pelumas mencegah gesekan langsung antar dua permukaan logam yang saling bergerak. Selain itu, pelumas berguna juga untuk mendinginkan mesin, dengan cara menyalurkan panas yang dihasilkan dari gesekan dan pembakaran. Pelumas yang baik juga dapat menjaga kebersihan mesin. Caranya, kotoran dan fragmen metal ditahan oleh pelumas dan dibuang saat pergantian oli.

Gesekan, pukulan, goncangan, panas dan kotoran yang dihasilkan mesin dapat menurunkan oli. Selain itu, pola mengendara jarak pendek dan stop and go akibat kemacetan membuat kerja mesin dan pelumasan semakin berat. Dalam kondisi tersebut, akselerasi kerap mengakibatkan gesekan yang sangat berat pada bagian mesin yang bergerak.

Kebiasaan mengemudi juga dapat mempengaruhi pelumas. Menjalankan kendaraan pada rpm yang berubah-ubah secara drastis dapat membuat mesin cepat rusak. Demikian pula apabila membawa muatan melebihi kapasitas, sehingga beban mesin terlalu berat. Semua hal ini membuat pelumas harus diganti secara berkala. Pertanyaannya, berapa lama atau berapa jauh kendaraan digunakan sehingga pelumas harus diganti?

Tentang hal ini terdapat banyak pendapat. Biasanya buku panduan kendaraan memberikan anjuran tentang hal ini dan umumnya setiap kali kendaraan menempuh jarak 5.000 km. Tentang hal ini, Melanus Conterius, Wakil Ketua Perhimpunan Distributor, Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI), menjelaskan bahwa pada uji laboratorium sebenarnya pelumas mampu bertahan hingga 15.000 km. Pada pengujian di jalan, sampai 10.000 km juga masih bagus. Namun, hal itu berlaku
untuk negara-negara subtropis. Sedangkan di Indonesia yang beriklim tropis, dapat diambil patokan kira-kira separuhnya. “Jadi untuk oli mineral penggantiannya tiap 5.000 km, sedangkan oli sintetis dapat bertahan hingga 7.000 km,” ujar Melanus.

0 Response to "Saat Tepat Mengganti Pelumas Mobil"

Posting Komentar