Tips Memilih Oli Sesuai Mobil Anda (1)

Artikel ini bagian 1 dari 2 dalam serial Tips Otomotif

tips Memilih Oli Mesin Bagi anda yang memiliki mobil baru atau relatif baru biasanya tidak perlu repot untuk urusan yang satu ini. Kenapa? Biasanya mobil anda masih dirawat di bengkel resmi dan anda tinggal ikuti saja oli yang direkomendasikan oleh bengkel tersebut. Nah tapi bagi anda yang sudah tidak merawat mobil kesayangan di bengkel resmi, tentunya sudah tak asing lagi ketika harus mengunjungi toko atau bengkel spesialis ganti oli.

Permasalahannya bukan pada apakah anda kenal dengan pemilik bengkelnya, atau seakrab apa anda dengan advisor yang ada di bengkel atau toko oli itu. Kadang anda pasti dibuat bingung dalam memilih oli bukan? Itu masalah sesungguhnya. Bayangkan, sekian banyak merk oli dengan beragam harga, mulai dari puluhan ribu per liter hingga yang ratusan ribu per liter tersedia lengkap. Hingga mungkin timbul pemikiran di benak anda bahwa oli yang mahal itu selalu bagus dan cocok untuk mobil anda. Seringkali ini dipicu dengan promosi dari sang penjual yang gigih menawarkan pada anda untuk membeli oli tertentu dengan harga tertentu.

Stop! Saatnya berhenti bingung dan saatnya memahami oli. Oli adalah pelumas yang dirancang untuk melumasi bagian bergerak pada mesin agar seluruh komponen mesin dapat bergerak dengan lancar tanpa mengalami macet atau jammed. Bayangkan logam bergesekan dengan logam tanpa ada pelumas di antaranya, dijamin akan macet dalam waktu singkat. Selain itu oli berfungsi juga untuk membersihkan bagian dalam mesin dari kotoran-kotoran yang terjadi akibat sisa pembakaran.

Yang pertama kali perlu anda tengok adalah buku manual mobil anda, lalu cari bab yang berhubungan dengan Perawatan, Servis ataupun Spesifikasi (kalau bukunya masih ada tentunya, seringkali buku ini hilang atau malah jadi pajangan semata). Pada bab tersebut, anda bisa menemukan spesifikasi dari oli yang cocok untuk digunakan pada mobil anda termasuk berapa liter oli yang dibutuhkan. Tak hanya oli mesin, spesifikasi oli transmisi dan oli gardan pun turut dijelaskan dalam bagian itu. Apabila buku manual mobil anda sudah tidak ada, anda bisa mencari informasi ini di internet ataupun bertanya pada teman di komunitas pengguna mobil yang sama, biasanya mereka akan dengan senang hati berbagi referensi dan informasi.

Spesifikasi oli umumnya selalu melibatkan dua hal yaitu, SAE* yang menunjukkan tingkat kekentalan dan API SERVICE yang menunjukkan kualitas atau daya tahan oli tersebut dalam melumasi mesin anda. Tingkat kekentalan oli sangat beragam, misalnya SAE 0W-30, 5W-30, 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 dan 80W-90** untuk oli dengan tingkat kekentalan ganda serta SAE 30, 40, 90** dan 140** untuk oli dengan tingkat kekentalan tunggal.

0 Response to "Tips Memilih Oli Sesuai Mobil Anda (1)"

Posting Komentar