Jarak Tempuh Wajar untuk Mobil Bekas

Secara umum, saya tidak merekomendasikan anda untuk membeli mobil dengan jarak tempuh yang sangat tinggi seperti 250.000 km atau lebih. Tetapi jarak tempuh yang rendah juga tidak menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan yang baik untuk dimiliki. Waspadalah terhadap kendaraan yang pernah tabrakan sehingga membutuhkan waktu lama di bengkel, kendaraan yang odometernya telah diputar mundur, oleh dari itu maka sebaiknya periksalah history atau service record kendaraan tersebut.

Apabila anda ingin mempertimbangkan jarak tempuh maka hal dibawah dapat dijadikan patokan sebagai berikut:

Kendaraan niaga, minibus kecil, dan city car memiliki jarak tempuh wajar 20-25.000 setahun. Kendaraan tersebut cenderung menjadi kendaraan operasional, antar jemput, dan usaha lainnya yang membutuhkan mobilitas tinggi. Diatas 25.000 km boleh dibilang tinggi. Contoh kendaraan ini adalah: Toyota Kijang Inova, Toyota Avanza, Daihatsu Granmax, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Honda City, dan kendaraan sejenis lainnya.
 
Kendaraan sedan dan minibus premium memiliki jarak tempuh wajar 15-20.000 km setahunnya. Kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan antar jemput anak sekolah, mengantar arisan dan berangkat ke kantor sehari-harinya. Jenisnya seperti Mitsubishi Gallant dan Lancer, Toyota Altis dan Camry, Volvo S40, Honda Civic, Nissan Serena, Toyota Noah, Toyota Alphard, Honda Odyssey dan kendaraan jenis lainnya.

Kendaraan Premium baik sedan, SUV maupun minibus memiliki jarak tempuh wajar antara 10-15.000 km per tahunnya. Kendaraan ini adalah kendaraan kedua bahkan kendaraan ketiga yang tidak dipakai setiap hari. Jenis kendaraan ini seperti Mercedes Benz seri E dan S, BMW seri 5 dan seri 7, Range Rover baik Sport, Vogue maupun Land Rover Discovery dan kendaraan sejenis lainnya.

Kendaraan Collector Item memiliki jarak tempuh antara 3.000 – 5.000 setiap tahunnya. Kendaraan jenis ini dipakai hanya seminggu sekali atau kadang untuk berkumpul sesama penggemar ke luar kota. Kendaraan jenis ini seperti Ferrari, Maserati, Rolls Royce, Lamborghini. Juga yang termasuk kendaraan jenis ini adalah kendaraan lawas dengan umur lebih dari 30 tahun.

Anda tidak usah menggunakan batasan kilometer di atas sebagai harga mati, karena kondisi di luar jauh lebih beragam. Sebagai ilustrasi:
  • Jarak tempuh yang sedikit, tapi sering dalam kemacetan sama saja dengan jarak tempuh yang banyak tapi sering melalui jalan tol atau jalan bebas hambatan.
  • Jarak tempuh yang sedikit tapi tidak terawat akan lebih menyedihkan dibandingkan dengan jarak tempuh banyak tapi terawat secara teratur di dealer resmi kendaraan tersebut dan kondisi kendaraan yang masih sangat baik.
Jadi jangan menilai suatu kendaraan dari jarak tempuh nya, tapi nilailah dari kondisi nya dan sekali lagi… intuisi anda. Oleh sebab itu maka kunjungi dulu mobil tersebut, berkenalan dengannya (masuk ke dalamnya, hidupkan mesinnya, lihat recordnya), dan bermain dengannya (lakukan test drive), dari situlah anda dapat mengenalnya lebih baik.

0 Response to "Jarak Tempuh Wajar untuk Mobil Bekas"

Posting Komentar